I'm a 2020 Watty Awards Winner

Ini kabar gembira yang telat dibagikan. Tanggal 4 Desember 2020 lalu, ada notifikasi dari Wattpad kalau novel debut saya yang berjudul "Karma" memenangkan penghargaan Watty (Watty Awards) 2020 untuk kategori cerita bergenre paranormal. 

Watty Awards yang kerap disebut The Wattys adalah kompetisi menulis cerita  fiksi yang digelar tiap tahun oleh platform novel digital asal Kanada, Wattpad. Tahun 2020, Watty Awards diikuti oleh hampir 40.000 kontestan dari 177 negara termasuk Indonesia.

Sehari setelah menang, ada sesi wawancara tertulis yang dilakukan Wattpad untuk tiap pemenang. Berikut, transkrip wawancara saya: 

Apa yang menginspirasimu untuk menulis cerita yang telah menang ini? 

"Karma" terinspirasi dari praktek pesugihan (mencari kekayaan instan dengan cara-cara di luar nalar) yang masih terjadi di zaman modern seperti sekarang. Alur cerita "Karma" adalah gambaran tentang betapa seriusnya konsekuensi yang harus ditanggung oleh mereka yang berani bermain-main dengan dunia gaib demi memuaskan nafsu duniawi.

Selain itu, "Karma" juga terinspirasi dari pengalaman pribadi yang mengubah cara saya memandang hidup dan memahami Tuhan. Saat itu, saya mengalami kegagalan, dimana segala sesuatu terjadi di luar rencana dan keinginan. Sempat depresi dan putus asa, hingga pada satu titik, saya merasa harus menerima kegagalan itu dengan lapang dada dan membiarkan Tuhan membimbing saya mengikuti rencananya yang jauh lebih indah.

Lewat "Karma" saya pun ingin menyampaikan bahwa manusia boleh merencanakan kebahagiaannya, tapi Tuhan lebih tahu yang dibutuhkan manusia untuk berbahagia. Jadi percayalah pada rencana-Nya. 

Apa artinya penghargaan Wattys bagi kamu? 

Memenangkan penghargaan Wattys berarti membuka peluang-peluang baru dan meningkatkan kepercayaan diri saya sebagai pencerita. Dengan cerita, saya percaya bisa menginspirasi pembaca menjadi pribadi yang lebih baik. Memenangkan Wattys memberi peluang untuk menjangkau lebih banyak pembaca yang ingin saya inspirasi. 

Buatlah pidato kemenanganmu. Ini hanya untuk bersenang-senang. Jadilah kreatif! 

Hasil tidak akan mengkhianati usaha. Saya bersyukur, usaha keras membawa saya pada pencapaian luar biasa ini. Kalau ada yang layak mendapatkan ucapan terima kasih paling besar, maka ia adalah Tuhan yang maha keren, lagi maha kreatif. Ide-ide cerita-Nya brilian, dan saya senang dipercaya mengolah salah satunya. He's the greatest story-teller ever and i'm a big fan of Him.

Terima kasih pada partner in crime di rumah yang selalu percaya pada kemampuan saya, bahkan sebelum saya percaya pada diri sendiri. Lalu pada para pembaca yang selalu memberi masukan dan semangat, meyakinkan saya untuk terus menulis. Terima kasih pula pada teman-teman grup kepenulisan yang tidak pelit berbagi ilmu, serta teman-teman Wattpad Ambassador yang seru dan giat menebar energi positif.

Terakhir, saya berterima kasih pada Wattpad yang telah menggelar kompetisi adil dan bergengsi ini. Tanpa Wattys, penulis pemula seperti saya takkan punya kesempatan mengukur kemampuan ataupun dikenal oleh lebih banyak pembaca.

Komentar

Postingan Populer